Kamis, 28 Januari 2016

Panpages Sport Club : 1st Gathering

Bulan Januari tahun ini, menjadi tahun istimewa untuk 'Sport Club Panpages's Team', karena untuk pertama kalinya setelah hampir setahun lamanya gathering kantor vacum --karena (kurangnya) antusiasme dari peserta. Boleh sedikit jumawa karena acara yang terselenggara kemaren berjalan dengan sempurna atas kerjasama Sport Club Teams. Saya beri nilai delapan dari sepuluh untuk Gathering yang diadakan dengan tema "Opening Panpages Sport Club 1st Gathering".

Walau tenggat yang diberikan hanya sebulan "Alhamdulillah", kami (Omen, Desi, Wisnu, Bambang, Cohmy) dapat menjalankan tugas dengan lancar. Awal yang tidak terduga, kami berempat dipanggil untuk menghadap personalia guna membicarakan 'Kegiatan apa yang cocok untuk mengawali kegiatan Sport Club Panpages' sekaligus menjadi agenda pertama Organisasi ini. Sempat ragu dengan tenggat waktu dan dana yang diberikan --(ternyata) sangat menguras tenaga plus pikiran untuk mengalokasikan dana, menentukan tempat dengan bekal minim dan waktu mepet, tetapi kami tidak berhenti sampai di sini, karena kegiatan ini awal dari perjalanan Organisasi dan tim baru yang (diharapkan) mewakili semangat karyawan PT. Panpages Indonesia.

Minggu pertama. Setelah terjadi perbincangan mengenai rencana jangka pendek (gathering) dan rencana jangka panjang (out-bound), kami putuskan untuk memilih gathering sebagai agenda kegiatan awal organisasi yang baru dibentuk awal bulan ini, yang awalnya akan diadakan hari Jum'at tanggal 15 Januari 2016. Selanjutnya, kami harus menentukan lokasi gathering yang nyaman-enak-bersih-lengkap-harga ekonomis dan tentunya harus dekat dengan kantor untuk mengantisipasi jumlah peserta yang tidak hadir --gosip yang beredar banyak yang tidak akan datang kalau tempat jauh. Dari ketiga rumah makan yang kami sarankan : Rumah Makan Mataram Indah, Bale Raos dan Pondok Ndeso, kami sepakat untuk memilih Rumah Makan Mataram Indah sebagai lokasi gathering yang dirasa memenuhi kriteria 'Enak-Murah-Nyaman-Dekat' untuk lebih lengkapnya bisa baca artikel ini "Rumah Makan Pemancingan Mataram Indah" .


Minggu kedua. Kami mengajukan rancangan dana kepada personalia untuk selanjutnya bisa diteruskan sebagai proposal kegiatan untuk diajukan ke kantor pusat, Jakarta. Selama menunggu dana kegiatan cair, kami berempat mengadakan meeting untuk menyusun kegiatan, menentukan games dan membuat daftar door-prize yang akan dibagikan selama gathering berlangsung. Games "Siapa Datang Paling Cepat, Pena Gila, Seberapa Dekat Kamu, .... dan beberapa games lainnya" sudah kami tentukan untuk kami matangkan; sembilan belas barang sebagai door-prize sudah kami pilih untuk disurvei harganya. Minggu ini (seharusnya) kita melakukan eksekusi dana kegiatan : untuk sewa tempat, membeli door-prize, persiapan sarana dan prasarana kegiatan "Ternyata harus gagal", karena dana anggaran baru diberikan tanggal 13 Januari 2016. Untuk kami waktu tersebut sangat singkat, setidaknya kami butuh satu minggu.

Minggu ketiga. Kami mengkonfirmasi pihak  rumah makan untuk ketersediaan tempat, daya tampung pengunjung, kenyamanan, kelengkapan prasarana sekaligus merencanakan lay-out untuk pengaturan peserta dan beberapa games yang kami buat. Setelah berkali-kali bertanya baik secara langsung maupun via telepon untuk memastikan lokasi (tempat duduk) dan menu yang diinginkan, perlengkapan dan peralatan yang (kami) butuhkan akhirnya tercapai kesepakatan bahwa Jum'at, 22 Januari 2016, pukul 18:00 di Rumah Makan Mataram Indah akan berlangsung acara gathering dengan undangan lebih-kurang 90 orang. Minggu ini menjadi minggu yang sibuk untuk Omen, Desi, Wisnu, Bambang dan Cohmy untuk survei harga barang keperluan door-prize, melaporkan sisa anggaran, bolak-balik konfirmasi ke pihak rumah makan (perubahan menu dan tempat), re-schedule acara tiga puluh menit lebih awal --karena beberapa alasan salah satunya takut pulang terlalu larut.

20, 21 Januari 2016 Team Sport Club meeting untuk pemantapan acara yang akan diadakan tanggal 22 Januari 2016 guna mengetahui apa yang kurang dan masih perlu dipersiapkan dan dievalusi, tak lupa kami berempat merelakan lembur di kantor agar acara ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar serta menunjukan antusias dan sebagai tanggung jawab kami untuk membuat gathering kali ini lebih menarik, karena kami, "Mewakili Semangat Karyawan Untuk Lebih Sportif".

Jum'at pagi cuaca cerah semoga bertahan sampai malam, siang pun begitu cerah hingga tepat jam dua siang hujan mengguyur Yogyakarta dengan gerimis lengkap awan putihnya yang membuat hujan awet sampai jam tujuh malam. Sempat saya down akankah teman-teman datang keacara (gathering) yang sudah kami upayakan --sempat terdengar desas-desus ada beberapa anak yang kompak tidak datang jika hujan, ada juga yang tidak datang karena urusan keluarga dan ijin-ijin yang lainya.

Hufft ... !!!

"Positif thinking dan tetap jalankan sesuai rencana", kata hati saya. Walau hujan masih bertahan sampai jam setengah lima sore, kami berempat sudah siap di TKP sempatin GR (gladi-resik), memastikan semuanya sudah tertata sesuai rencana 'gak ketinggalan grufie dulu cekrek ..., cekrek ..., cekrek ...


kiri-kanan : omen, cohmy, wisnu, desi, bambang
Acara dijadwal jam setengah enam sore (walaupun) molor lima belas menit. Dengan tiga perempat lebih peserta yang datang dan hujan sudah mulai reda gathering yang kami adakan ternyata berjalan sesuai dengan run-down acara, meskipun (agak) terburu-buru karena beberapa peserta yang sudah cemas dengan agenda lainya. Pukul setengah tujuh kita makan on-time setelah melaksanakan ibadah Sholat Magrib ber-jamaah langsung kita lanjutkan pembagian door-prize selama gathering, tak ketinggalan aksi Bambang mempertontonkan keahlianya dalam hal sulap-menyulap membuat suasana tegang, hingga pada sesi pentas seni --semua divisi mengirimkan salah satu kandidat untuk tampil-- suasana kembali mencair saat saya menjadi korban make-up tutorial dari perias gadungan. Lima menit sebelum acara berakhir sengaja kocok arisan buat nentuin siapa pemenang power-bank, flash-disk, ear-phone, ... buat teman-teman yang belum mendapatkan door-prize dibantu oleh Manager. Tujuh lebih empat puluh lima menit acara gathering kami sudahi dengan foto tiap tim --sayang tidak lengkap karena banyak yang sudah kabur duluan. Sekali lagi cekrek ..., cekrek ... ganti divisi cekrek ..., cekrek ...











Terimakasih untuk Sport Club Panpages Team, atas semangat dan dedikasinya, tidak pelit waktu untuk mencurahkan segala ide saat meeting; tidak (kadang) lelah untuk survei apapun yang dibutuhkan; saling memberikan semangat, dukungan dan saling mengingatkan satu sama lain; terimakasih juga untuk bakat-bakat yang muncul perlahan (setelah sekian lama terpendam) akhirnya all out juga.

Beberapa hasil jepret-an yang menurut saya punya cerita. Yuk ... sama-sama ...!! cekrek ..., cekrek ..., cekrek ...


lelah menunggu hidangan

kemesraan di tengah keramaian

no-probe dengan perbedaan, keep grufie

malu-malu tapi mau (difoto)
kalap makan karena kelaparan

4 komentar:

  1. Gathering itch yang paling seru makan-makannya.... apalagi klo makanannya enak enak *ambil kamera buat foto foto*

    BalasHapus
  2. waduh.. rumit juga ya, rancangan dana dulu ke personalia, prosposal lah ini lah itu lah :")

    BalasHapus