Rabu, 23 Desember 2015

Mother's Day Is Everyday

Tepat jam 12.12 WIB tanggal dua dua Desember tahun 2015, "Tau lah . . . ! hari Selasa-kan? " nothing special at midnight selain isi kepala yang penuh dengan pikiran yang susah bikin merem.

"Dua belas lewat nih gak bisa tidur -insomnia- Subuh bakalan telat."
"Duh . . . ngalamat batal joging karena kurang tidur."
"Ngantuk gak ya . . . , di kantor besok? "
"Target gak bakalan kekejar ni, paling besok gak fit gara-gara jam tidur lewat"
"Nge-post apa ya ...., besok, hari ini 22 Desember, hari Mother's Day-kan? "

Google_Doodle_Mother's_Day_2015

Mother's Day -Hari Ibu- hari dimana semua ibu dibebas tugaskan dari kegiatan keseharianya masak, nyapu, nyuci, nyetrika dan kerjaan rumah tangga lainya- yang digantikan sementara oleh suami ataupun anak, "Yakin bakalan beres tanpa sentuhan ibu?". 

Berarti juga hari dimana kita mendedikasikan cinta kepada ibu dengan menulis "personal letter" -surat yang ditujukan untuk ibu sebagai ungkapan terimakasih atas kebesaran hati, keikhlasan dan perjuangan dalam merawat dan mendidik putra/putri-nya harus di tulis dengan tulisan tangan walaupun bisa juga dengan gift card, cake ataupun karangan bunga.

Libur nasional yang diselenggarakan setiap minggu ke dua bulan Maret atau Mei agar suami dan anak dapat berkumpul untuk merayakan Mother's Day bersama -hari libur nasional yang diselenggarakan di lebih dari 40 Negara kalau Indonesia mother's day diperingati tanggal 22 Desember,"Gak pakai tanggal merah, ya .... ."


Hari mengenang almarhum Ann Reeves Jarvis, ibu dari Anna jarvis dari West Virginia, Amerika yang meninggal tahun 1905 -seorang aktivis wanita yang memperjuangan Mother's Day sebagai hari libur nasional- yang dilanjutkan oleh Anna Jarvis hingga Mother's Day disetujui sebagai local holiday (1911) dan 1914, Woodrow Wilson menetapkan "The Second Sunday in May" -nama awal dari Mother's Day- sebagai hari libur nasional sumber dari Wikipedia.

Sama halnya Valentine's Day hari ibu juga menuai kontroversi Sejarah Dan Hukum Sambutan Hari Ibu, beberapa ulama berpendapat islam tidak memperbolehkan Mother's Day ada juga yang memperbolehkan asal tidak menyimpang dari syariat islam -ajaran & aturan Islam- Bagaimanakah Pandangan Islam Tentang Perayaan Hari Ibu.

Tahun lalu saya tag adik perempuan, adik lelaki, teman saya yang sudah menjadi ibu dengan sebuah ceritera lagu mengenai figur ibu oleh Tisa Haryadi dari sound cloud D & F Indonesia 3 Antara Aku Dan Ibuku : Tisa Haryadi berikut personal letter berupa ungkapan terimakasih kepada ibu lewat akun facebook dengan tujuan untuk mengingatkan betapa pentingnya figur seorang ibu dalam keluarga, "Yang begini dan beberapa video iklan di youtube berhasil membuat saya haru biru".

Mother's Day Personal Letter

Dua tahun sebelumnya saya telepon ibu saya (sebut saja emak) tepat pukul enam pagi buat ngucapin, "Selamat hari ibu buat emak tercinta, terimakasih telah mencintai bapak, merawat dan menjaga serta sabar dalam mendidik Rohman, Nurul dan Azis." itupun membuat emak tertawa di awal dan berpesan, "Tak ada yang harus diistimewakan di hari ibu, emak sudah sangat bahagia dan bangga ketika melihat anak-anaknya senang tanpa ada masalah besar ataupun kecil yang disembunyikan, karena bagi emak kegelisahan akut -amat sangat- itu saat melihat anak terdiam dan tidak mau terus terang karena masalah yang disimpanya entah besar,kecil; finansial, ekonomi, percintaan ataupun pekerjaan".

"Ibu adalah teman terpercaya, sahabat dekat, teman curhat, pendengar setia yang memberikan jawaban menenangkan, figur wanita yang anggun sekaligus kuat -feme fatale- menyangkut urusan anak dan keluarga, sosok yang bawel, ribet tapi ngangenin" - by Rohman Efendi, Boyolali


tumblr-indonesia



Selamat hari ibu, post ini sengaja saya publish sehari setelah Mother's Day dirayakan karena bagi saya Mother's Day Is Everyday.

10 komentar:

  1. Aku malah nggak ngucapin di twitter ato FB hehehhehe, entahlah lebih suka telpon dan ngobrol langsung walau nggak bilang selamat hari ibu :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ternyata evolusi itu ada mas dari tahun awal make ucapan di sosmed (pake english pula) mana ibuku punya sosmed and mana mengerti :D #ikut-ikutan, sampai tahun berikutnya berani ucapin selamat hari ibu "lebih deg-degan daripada nembak cewe" ujungnya malah diketawain ibu - ibu is the best pokok-men

      Hapus
  2. setiap hari alhamdulillah masih diberi kesempatan ngelayani tiket surga paling dekat ini inshaAllah mari terus berjuang....

    BalasHapus
  3. kalo bisa sayangi ibu tiap hari... hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus-lah bukan harus-kah buat mencintai ibu

      Hapus
  4. Aq malah gak pernah ngucapin secara langsung atau pun lewat sosmed. Hahahhahh....
    Bkn nya gak mau menghargai ibu atau di cap anak durhaka. Tp maslahnya klo ku ucapin mamak aq bisa2 ngakak guling2. Bisa2 ketawa sambil nangis dia. Hahahaa..
    Tp Krna kami org kampung jd gak kenal itu pa yg namanya hr ibu. Tp tnpa diucapin pun insya Allah emak tau klo aq syg dia, dan aq jg tau klo dia syg sm aq...

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju deh sama, Kamu. Emak tak akan meminta Hari ibu dirayakan atau mengantikan peran hari itu juga, yang penting anaknya selalu ingat kalau dia (ibumu) adalah emaknya - jangan milih bi lain #rofl

      Hapus
  5. ibu itu emang figur wanita yang paling luar biasa. setuju sama judulnya, kalau sebenarnya setiap hari adalah hari ibu.. :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap hari adalah hari ibu.. :") - karena ibu adalah sahabat, pendengar dan penasehat yang baik

      Hapus