Kamis, 12 November 2015

Movember for Father's Day


Movember (movember) emoticon lucu berwarna kuning berkumis gahar beralis tebal dengan kacamata single glass ala detektif yang bisa readers temukan pada kumpulan emoticons skype versi terbaru yang menjadi emoticon favorit saya saat berkomunikasi dengan teman sekantor.

But .... wait !! What is Movember ? Morning On November, Moving on November, Moaning On November or Moo .... on November ? #nerd

Mumpung baru sepekan bulan November berjalan dan bertepatan dengan Father's Day yang jatuh pada tanggal 12 November. Selamat hari ayah buat semua bapak di dunia dan saya kelak -"Let's take a look what is Movember?"

Apa itu Movember ?

Movember adalah singkatan; ringkasan kata; gabungan kata; ungkapan kekinian (slang: ingg) dari Moustache (kumis:ing) "Mo" dan "November" ada hubungan apa kumis dengan bulan November ? Movember adalah sebuah acara amal tahunan untuk membangun dan meningkatkan kesadaran akan permasalahan kesehatan pria seperti kanker prostat, kanker testis, depresi dan permasalahan yang sering dihadapi oleh pria dengan aksi mencukur kumis diawal bulan dan membiarkanya tumbuh selama bulan November.


Tujuan Movember sendiri adalah "change the face of men's health" dengan meningkatkan  kesadaran untuk mendeteksi kanker prostat dengan melakukan diagnosa sejak dini dan melakukan perawatan efektif untuk mengurangi angka kematian yang disebabkan oleh-nya serta mendorong kaum adam untuk proaktif mencari tahu riwayat kesehatan keluarga dan menerapkan PHBS (Pola Hidup Bersih Sehat) dalam keseharianya.


Kanker Prostat ?

Kanker prostat adalah penyakit kanker yang berkembang di prostat sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi lelaki. Hal ini terjadi ketika sel prostat mengalami mutasi dan mulai berkembang di luar kendali. Kanker prostat dapat menimbulkan rasa sakit, kesulitan buang air kecil, disfungsi ereksi dan gejala lainnya. Kanker ini paling jarang terjadi pada pria Asia dan paling sering terjadi pada orang kulit hitam dan orang Eropa.

Usia, ras, riwayat keluarga (faktor keturunan), hormon, dan pola makan (terlalu banyak mengkonsumsi lemak) menjadi faktor resiko terkena kanker ini, lebih lengkapnya bisa baca laman ini kankerprosta.net.


Movember di Indonesia ?

Walaupun Indonesia belum masuk jadi anggota Movember tapi indonesia pernah menjadi TTWW (Trending Topic Word Wide) yang nge-tweet tentang movember pada tahun 2013 baca selengkapnya "Indonesia's Social Media Savvy Moves It Movember Maps" yang menjadi sebuah issue mengenai "What Movember Means to Indonesia ?" Padahal indonesia tidak menjadi anggota dari movember.org.

Apa yang bisa kita lakukan untuk Movember ?
Mobro & Mosista yang pengen ikutan ngerayain Movember gak harus nyumbang dana, gak harus ikutan cukur kumis (karena saya gak berkumis) cukup kembali lagi ke tujuan Movember yaitu buat ingetin dan ningkatin kesadaran akan pentingnya hidup sehat dan bikin hidup-mu, teman-mu, keluarga-mu, saudara-mu sesehat mungkin atau baca selengkapnya di sini ya "Apa itu Movember dan mengapa cowok Indonesia harus terlibat".


10 komentar:

  1. Kirain November, taunya Movember hahahahha

    BalasHapus
  2. ooh jadi movember itu sebuah acara tahunanan hanya untuk pria ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak hanya untuk pria, wanita (mosista) bisa ikutann dengan ngasih dukungan , ingetin ke pasangan untuk selalu hidup sehat

      Hapus
  3. gokil konsepnya tapi keren tujuannya n peduli kesehatan yaa.. movember...

    BalasHapus
    Balasan
    1. :), yes gokil banget karena kumis sekarang gak hanya sekedar kesan gahar-gaharan tapi juga punya maksud dan tujuan - thnk's for visit

      Hapus
  4. ternyata ada ya movember , saya kira typo :D .. mirip hari bebas kanker payudara pada wanita yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama juga tapi focus ke kanker dan penyakit pria - sama halnya dengan acara amal ini juga : mustache march, no-shave november - thnk's for visit :)

      Hapus
  5. wah ternyata ada juga hal seperti ini,,,, ini membuktikan bukan hanya wanita yang perlu perhatian tapi Pria juga :D

    BalasHapus