Jumat, 18 September 2015

Gelato, Ice Cream, Sorbet & Sherbet Berbeda !!!

Gelato ... ?!
Gelatooooooooooo .... !!!!
*baca : djelato

Begitulah para minion menyerukan makanan beku ini dalam salah satu scene film Despicable Me 2 saat "Bob, Kevin & Stuart" melihat Ice Cream Truck melintas di depan rumah Gru (Felonius Gru) majikan minions padahal Ice Cream Truck itu hanya jebakan dari El Macho untuk menangkap minions.

Makanan beku yang saya cicipi untuk kali kedua di gelateria (gelato shop) yang berbeda "Arthemy Italian Gelato" dan "Tempo Gelato" di post ini tidak akan saya ulas kedua gelateria tersebut. Disini saya tertarik untuk mengulas perbedaan "Gelato, Sorbet, Ice Cream & Sherbet" sekilas keempat makanan beku ini mendapat julukan sama yaitu "Ice Cream" tapi kenyataanya makanan ini berbeda.


Gelato (gelare : ita) adalah ice cream olahan tradisional dari Italia yang terasa milky karena kaya akan susu dengan rasa (flavour : eng) yang kuat, tidak terlalu manis dengan rasa mantap dalam sekali jilat, kudapan satu ini bikin nagih dan gak usah khawatir gelato gak bakalan bikin gemuk karena proses pembuatan gelato secara tradisional ice cream ini bertekstur padat; liat dan tetap beku pada suhu antara 13-15 derajad celcius, kudapan ini mengenyangkan karena kaya akan susu dan dominan rasa yang asli (bukan buatan) namun saat ini banyak gelateria nakal yang sengaja menggunakan perasa buatan dalam proses pembuatan gelato. Pada dasarnya gelato adalah ice cream olahan tradisional yang menonjolkan rasa (flavour : eng) se-otentik mungkin.


Ice Cream adalah olahan kepala susu (bukan susu) ala Amerika yang sarat akan lemak dicampur dengan pemanis dan perasa, tektur ice cream lebih lembut, ringan, foamy (berbusa) karena mengandung banyak udara dalam proses pembuatanya jika dilihat ice cream terlihat mengkilat dibanding gelato dengan suhu simpan di bawah 13 derajat celcius. Ice cream tidak begitu mengenyangkan karena teksturnya yang ringan, "Wow ... !!!" jangan terlalu banyak konsumsi Ice cream karena kegemukan bisa mengancam akibat kandungan lemak dan gula yang banyak.


Jika kamu suka ice cream tetapi tidak suka susu, Sorbet menawarkan sensasi kesegara gelato dalam rasa buah-buahan yang biasa dijual bersama gelato seperti gelateria "Tempo Gelato" yang menyediakan Gelato & Sorbet. Karena tanpa lemak dan rasa dominan buah-buahan di negara asalnya, Italia Sorbet biasanya dicampur alkohol agar teksturnya tetap bagus selama penyajian, "Segernya Pooooll !"



Masih yang segar dan creamy, Sherbet bukan taplak meja ya #lol Sorbet versi Amerika dengan tambahan susu didalamnya, untuk Sherbet ini belum pernah saya coba jadi belum bisa ngasih cerita enaknya kudapan dingin ini, kalau pengen ngebayangin seperti apa rasanya klik sini.

Nah ..... !!!

Itu tadi sedikit review tentang Gelato, Sorbet, Ice Cream & Sherbet for more info klik perbedaan gelato & ice cream ; perbedaan sorbet & sherbet jangan lupa baca things to know about gelato kalau reader ada referensi Gelateria atau Ice Cream Shop yang kekinian di Yogyakarta, boleh lah tinggalin di kolom komentar. 

---------------------------------------------------Thnk's for Reading------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar